Senin, 14 Maret 2011

Kewirausahaan

Kewirausahaan


1. Penjelasan
                  kewirausahaan adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi dalam hidup. Visi berupa ide inovasi, peluang, dalam menjalankan sesuatu. Akhir proes adalah penciptaan usaha baru pada kondisi resiko atau ketidakpastian. Definisinya adalah menekankan bagaimana seseorang menghadapi resiko dan ketidakpastian.


2. Tujuan pembentukan
                 Mencakup identifikasi peluang - peluang dalam sistem ekonomi. Kewirausahaan mencakup kegiatan untuk menciptakan perusahaan pada saat belum terbentuk. Orang yang melakukan kewirausahaan di sebut dengan wirausahawan.


3. Peran dalam Kewirausahaan
                - Dapat membuka usaha baru.
                - Melakukan akusisi.
                - Dapat membuka SDM yang baru.
                - Dapat mengerti tentang hardware / software dalam komputer
               
4. Faktor Penyebab Keberhasilan dan Kegagalan
 Faktor keberhasilan
- Perlu kerja keras. Wirausaha biasanya bekerja sendiri mulai dari pembelian,    pengolahan, &      pembukuan dan itu membutuhkan waktu yang lama.
- Langkah yang paling baik adalah dengan belajar, berlatih, bertindak & sukses.
 Faktor Kegagalan

- Ketidak Jujuran
- Kurangnya usaha yang gigih
- Lingkungan yang tidak kondusif
- Ketidak mampuan dalam melakukan peralihan/transisi kewirausahaan

 Faktor pendukung





  • Memiliki visi dan tujuan yang jelas.Hal ini berfungsi untuk menebak ke mana langkah dan arah yang dituju sehingga dapat diketahui langkah yang harus dilakukan oleh pengusaha tersebut.










  • Inisiatif dan selalu proaktif. Ini merupakan ciri mendasar di mana pengusaha tidak hanya menunggu sesuatu terjadi, tetapi terlebih dahulu memulai dan mencari peluang sebagai pelopor dalam berbagai kegiatan.








  • Berorientasi pada prestasi.Pengusaha yang sukses selalu mengejar prestasi yang lebih baik daripada prestasi sebelumnya. Mutu produk, pelayanan yang diberikan, serta kepuasan pelanggan menjadi perhatian utama. Setiap waktu segala aktifitas usaha yang dijalankan selalu dievaluasi dan harus lebih baik dibanding sebelumnya.








  • Berani mengambil risiko. Hal ini merupakan sifat yang harus dimiliki seorang pengusaha kapanpun dan dimanapun, baik dalam bentuk uang maupun waktu.








  • Kerja keras.Jam kerja pengusaha tidak terbatas pada waktu, di mana ada peluang di situ dia datang. Kadang-kadang seorang pengusaha sulit untuk mengatur waktu kerjanya. Benaknya selalu memikirkan kemajuan usahanya. Ide-ide baru selalu mendorongnya untuk bekerja kerjas merealisasikannya. Tidak ada kata sulit dan tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan.








  • Sumber referensi : Slamet. Rahmadi M.M






  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar